Wednesday, August 5, 2020

Peran Penting MC dalam Dance Battle


Sosoknya menjadi sentra utama di atas panggung dengan vokal diperkeras puluhan kali lewat piranti tata suara, kata-kata yang disemburkan di depan corong microphone ikut menentukan kemana sebuah acara akan bermuara; pada kesuksesan gemilang atau kegagalan luluh lantak. Kerap terlewatkan, namun sesungguhnya MC adalah salah satu peran krusial dalam sebuah acara dance battle.

Dalam sebuah perhelatan dansa dansi posisi seorang pemandu acara kerap dipandang dengan tidak sebagaimana mestinya, dianggap tidak terlalu krusial, jika dibandingkan dengan DJ atau juri misalnya, yang penting asal ada saja. Padahal sesungguhnya MC juga memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah acara.

Seringkali dalam sebuah acara dance pemilihan MC dilakukan secara kurang tepat, bahkan terkadang asal, yang penting oknum yang ditunjuk berani bicara di depan orang banyak. Padahal menjadi MC dalam sebuah helatan dance, baik kompetisi maupun party, tidak semudah itu. Tidak hanya keterampilan dalam public speaking, seorang MC dalam acara dance juga harus mengerti esensi dari sebuah acara dansa dansi dan, yang lebih penting lagi, mempunyai pengetahuan yang cukup tentang dance itu sendiri.

Dalam sebuah battle misalnya, seorang MC minimal harus mengetahui istilah-istilah khusus yang digunakan dalam dance battle, seperti ‘round’, ‘crash’, ‘tie break’ dan sebagainya. Juga akan lebih baik jika mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai genre tarian yang dikompetisikan.Dalam sebuah all style battle misalnya, seorang MC harus tahu seperti apa itu popping, locking, breaking, krumping dan genre lainnya. Akan lebih sempurna bila sang MC mengenal nama-nama gerakan dalam tarian-tarian tersebut demimenghindari penamaan asal-asalan untuk menyebut gerakan-gerakan selama battle, yang kerap terjadi di sebuah acara dance jika sang MC tidak mempunyai pengetahuan yang cukup.

Penguasaan mood dan membentuk vibrasi acara juga syarat untuk menjadi seorang MC. MC bertanggung jawab atas naik turunnya tensi sebuah acara. Dalam sebuah battle apa yang keluar dari mulut MC bisa ikut menentukan seberapa panas battle tersebut. Ucapan provokatif yang memancing kedua belah pihak tentu bisa memancing adrenalin yang akan merebus darah kedua kubu hingga mencapai titik didih, yang bila beradu akan menimbulkan ledakan indah. Sebaliknya MC juga bisa membuat vibrasi drop ke titik nadir dengan hal-hal yang kurang tepat seperti humor yang berlebihan, penyebutan gerakan atau nama crew secara sembarangan dan hal-hal semacam itu.

No comments:

Post a Comment