Monday, March 17, 2014

DJ Hip Hop Yang Mengubah Dunia

Tiesto, David Guetta, Steve Aoki, Skrillex, Calvin Harris, Daft Punk.

Mustahil rasanya jika anda tidak pernah mendengar nama-nama diatas. Kecuali anda terjebak di pulau terpencil dan terisolasi dari dunia luar selama sepuluh tahun terakhir. Nama-nama diatas masuk dalam daftar 100 DJ terbaik di planet bumi pada tahun 2013 versi djmag.com. Bila saya tidak salah tidak ada satu pun nama DJ hip hop di dalam daftar itu. Koreksi saya jika keliru.

DJ hip hop mungkin tidak telalu terdengar gaungnya saat ini. Namun DJ hiphop jelas punya peran besar dalam sejarah disc jockey. Berikut nama-nama oknum dengan label hiphop yang mengubah dunia lewat perangkat turntable:

DJ Kool Herc
Terlahir dengan nama Cevin Campbell, Kool Herc adalah salah satu nama paling penting dalam sejarah kultur hiphop. Julukan Father of Hip Hop rasanya sudah cukup mendeskripsikan keagungan Kool Herc, DJ penggagas pesta yang diimani banyak orang sebagai pesta hiphop pertama pada 13 Agustus 1973.
Kool Herc, yang mendapatkan namanya karena badannya yang berotot sehingga mendapat julukan Hercules dari teman-temannya, adalah pencipta 'the break', bagian penghubung dari satu lagu ke lagu berikutnya yang berisi hentakan perkusi nan dinamis. Bagian yang menjadi favorit semua orang dan dimana bboy-bboy pertama di dunia menarikan tarian bernama breakin yang nantinya, karena campur tangan media, akan dikenal umat manusia sebagai breakdance.
Kool Herc dan hip hop mungkin sepadan dengan Thomas Alva Edison dan bola lampu.

Grandmaster Flash
Tanpa seorang lelaki asal Barbados, Karibia bernama Joseph Saddler dunia DJ tidak akan seperti sekarang.
Joseph, yang tercatat dalam sejarah dengan nama Grandmaster Flash adalah dalang di balik ditemukannya tekhnik cutting, back spinning/quick-mix theory dan punch phrasing/clock theory yang jamak dipakai DJ hingga saat ini.
Tahun 1977 Flash berkolaborasi dengan grup The Furious Five yang melahirkan Grandmaster Flash and The Furious Five yang seperti kita ketahui bersama, merupakan salah satu nama besar skena hip hop dan musik dunia.
Flash juga tampil di film legendaris Wild Style dan di tahun 2009 terpilih sebagai penerima Lifetime Achievment Award dari Rock and Roll Hall of Fame.

Grand Wizard Theodore
Anda punya teman seorang DJ yang hobi melakukan scratching? Tanyakan padanya apakah dia mengenal nama Grand Wizard Theodore? Jika jawabannya adalah 'tidak', sampaikan pada teman anda itu agar bersiap dikutuk menjadi batu, karena dia adalah seorang DJ durhaka.
Grand Wizard Theodore, yang dari namanya cocok untuk masuk dalam daftar nama pengajar di Hogwarts, adalah penemu tekhnik scratching. DJ Hahn dari Linkin Park dan DJ Lethal dari Limp Bizkit tidak akan bisa pamer kebolehan mereka dalam scratching bila tidak ada Grand Wizard Theodore.
DJ yang bernama asli Theodore Livingston ini menemukan scratching secara tidak sengaja pada tahun 1975. Suatu hari, sepulang sekolah Theodore yang waktu itu berumur 12 tahun berlatih di kamarnya. Ia melakukan itu hampir setiap hari, namun hari itu tampaknya Theodore terlalu banyak memutar kenop volume, sehingga ibunya merasa terganggu kemudian membuka pintu kamar dan menyuruh Theodore untuk mematikan musiknya. Sebagai anak yang berbakti Theodore pun nurut, dia mematikan musik yang keluar dari speaker, namun musik tetap keluar melalui headphone yang dia pakai. Sambil mendengarkan omelan sang ibu Theodore menahan piringan hitam dengan tangan dan menggerakannya maju-mundur yang menimbulkan suara yang unik. Theodore berpikir 'This is really sounded something...'. Hari itu lah scratching lahir di dunia fana ini.
Selain scratching, Grand Wizard Theodore juga menciptakan tekhnik needle drop.
Bersama Grandmaster Flash, mentornya, Grand Wizard Theodore muncul di film Wild Style sekaligus mengisi soundtracknya.


No comments:

Post a Comment