Friday, July 26, 2013

Kenapa Kami Bikin Four Elements?

Sekitar setahun belakangan ini, kesibukan saya bertambah satu lagi, melengkapi setumpuk kegiatan yang sudah memenuhi jadwal saya dalam sehari: mengurus skripsi, menyimak linimasa Twitter, menonton Manchester United, membaca One Piece, belum lagi nongkrong dan bergunjing bersama teman di wedangan terdekat. Saya memang orang sibuk. Di tengah semua itu saya menambahkan satu subjek lagi dalam jadwal kegiatan dengan titel Four Elements Streetwear.
Four Elements adalah proyek duet saya dengan rekan sejawat bernama Soni Fajar Nurhadi. Awal bulan Oktober 2012, entah mendapat wangsit apa, kami memutuskan untuk menelurkan sebuah clothing line yang kami beri nama Four Elements yang kami tambahi embel-embel 'Streetwear' di belakangnya. Sebuah fashion brand yang berkonsentrasi pada kultur hiphop, khususnya bboyin.

Hampir setahun berjalan dan sekarang Four Elements sudah lumayan berkembang.
Mungkin ada yang bertanya 'Kenapa bikin Four Elements?', 'kenapa pilih untuk bikin usaha clothing line?'
Ijinkanlah saya, sekaligus mewakili Soni, menjelaskan beberapa alasan kenapa kami membuat usaha grusa-grusu berlabel Four Elements.

Pertama. Buat cari duit.
Gak munafik, kami bikin Four Elements untuk cari duit. Namanya aja bisnis, apalagi kalau bukan pundi-pundi rupiah yang jadi tujuan akhir?

Kedua. We do love graphic design, bboyin and fashion.
Menggabungkan tiga hal kesukaan dalam satu bisnis. Rasanya tidak banyak hal di dunia yang bisa mengalahkan keasyikannya.

Ketiga. Kembali ke poin pertama.

Maaf, ikut-ikutan trend tidak termasuk dalam daftar alasan mengapa kami mendirikan usaha ini. Walaupun di waktu yang bersamaan banyak bermunculan brand-brand serupa dan menjadi semacam trend di kalangan bboy yang kebetulan mengenal desain grafis dan mempunyai modal. Namun dari sekian banyaknya brand yang lahir, hanya beberapa yang bisa menyentuh umur setahun, sisanya tewas prematur dalam hitungan bulan, atau bahkan minggu.
Saya sendiri tidak berani menjamin berapa lama Four Elements akan bertahan. Yang jelas ini adalah salah satu cikal bakal mimpi saya. Bila dalam beberapa tahun mendatang anda menemukan sebuah toko baju dengan dinding penuh grafiti dengan tulisan Four Elements berukuran besar terpampang di depannya, toko itulah yang ada dalam kepala saya saat saya menulis tulisan ini

No comments:

Post a Comment