Tuesday, August 16, 2011

Happy Birthday Indonesia!

HAPPY BIRTHDAY INDONESIA. Wish you all the best!

Ya, hari ini, 17 Agustus 2011, negara yang amat saya cintai ini merayakan ulang tahun kemerdekaannya yang ke-66. Mungkin ada yang mikir kenapa ucapan saya dengan kata-kata kayak ucapan ala sms begitu? Bukan karena saya males mikir kata-kata ucapan puitis untuk republik ini, tapi itu justru sebagai bentuk sayang saya terhadap Indonesia. Saya ngucapin 'wish you all the best' karena saya ingin Indonesia mendapat yang terbaik, menjadi lebih baik di semua bidang. Dan akan sangat ngabisin banyak lembar kalo saya ucapin satu persatu harapan untuk Indonesia di masing-masing bidang.
Saya pengen Indonesia bebas dari korupsi,
saya pengen rakyat Indonesia meningkat kesejahteraannya dan angka kemiskinan berkurang,
saya pengen gak ada lagi konflik antar umat beragama di Indonesia,
saya pengen timnas sepakbla Indonesia bisa berjaya di level internasional,
saya pengen di Indonesia gak ada lagi anak-anak yang gak bisa sekolah karena gak mampu bayar atau karena kurangnya fasilitas di daerah-daerah terpencil,
saya pengen keamanan untuk semua rakyat Indonesia terjamin,
saya pengen semua seniman Indonesia dihargai atas karya-karyanya,
saya pengen gak ada lagi terorisme di Indonesia,
saya pengen gak ada lagi orang Indonesia yang bilang 'Saya gak bangga jadi orang Indonesia',
saya pengen semua anak muda Indonesia bisa optimis untuk ikut bikin perubahan untuk bangsa ini,
saya pengen supremasi hukum benar-benar bisa ditegakkan di Indonesia,
saya pengen kekayaan alam Indonesia bisa diolah dan dipake untuk menyejahterakan rakyatnya sendiri, bukan untuk menggendutkan pundi-pundi uang pihak asing,
dan masih banyak banget 'pengen-pengen' saya yang lain, yang kalo ditulis semua disini akan menjadi postingan yang luar biasa panjang, karena banyak banget harapan saya buat Indonesia. Karena saya pengen liat Indonesia di keadaan yang lebih baik di semua bidang. Bukan, bukan berarti saya bilang keadaan Indonesia sekarang ini buruk. Indonesia dalam keadaan baik sekarang dan keinginan saya adalah untuk liat Indonesia di keadaan yang lebih baik dari keadaan hari ini.
Saya gak ngeliat dan mengartikan berbagai masalah yang terjadi di bumi merah putih kita ini sebagai 'kondisi yang buruk', seperti mungkin yang banyak orang lakukan. Sebagaimana manusia hidup, kehidupan sebuah negara juga pastinya gak lepas dari masalah, termasuk juga Indonesia. Seperti yang sering orang-orang bilang: 'kita ini manusia biasa yang gak lepas dari masalah', Indonesia juga negara biasa yang gak lepas dari masalah, Indonesia bukan negara utopi dimana semuanya sempurna. Karena ketidaksempurnaan itulah, saya merasa perlu mendoakan Indonesia untuk mencapai keadaan yang lebih baik lagi.
Dan saya yakin, doa dan harapan saya ini hanya satu dari jutaan harapan dari rakyat Indonesia yang senada, yang pengen liat Indonesia semakin baik lagi di masa mendatang. Tapi saya gak mau cuma berhenti di tahap doa dan berharap, saya mau jadi bagian dalam membawa Indonesia ke kondisi yang lebih baik seperti yang ingin saya lihat, saya ingin tangan saya ikut bekerja, sekecil apapun itu, dalam proyek besar penciptaan perubahan Indonesia, ke arah yang lebih baik tentunya.
Tangan saya pun saat ini dalam proses bekerja, begitu juga jutaan pasang tangan lainnya dari orang-orang yang cinta Indonesia.

17 Agustus 2011


No comments:

Post a Comment