Wednesday, July 27, 2011

Pandji Pragiwaksono a.k.a Inspiration

27 Juli 2011. Finally i can make it to meet one of my biggest inspiration: Pandji Pragiwaksono himself.

Yap, Pandji Pragiwaksono, presenter, rapper, penulis buku dan, yang paling menginspirasi saya, pemuda yang sangat nasionalis dan cinta sama Indonesia, adalah salah satu inspirator terbesar buat saya sampe hari ini. And i would love to explain why and how he inspires me:

1.Pandji gak bisa disangkal adalah anak muda yang amat sangat cinta dengan Indonesia dan dia seperti bisa menularkan kecintaannya itu kepada anak-anak muda yang lain lewat karya-karyanya secara konsisten. Dan itu juga terjadi pada saya, lewat karya-karyanya (saat presenting, lagu, tulisan bahkan posting-posting di Twitter) Pandji menularkan kecintaannya terhadap Indonesia pada saya. Mungkin lebih tepat kalo saya bilang bukan 'menularkan', tapi 'mengingatkan' bahwa saya, dan ribuan anak muda di seluruh Indonesia saya yakin, punya rasa cinta yang luar biasa kepada negara kita ini.

2.Pesan 'Ciptakan Perubahan' yang diusung dan selalu disuarakan oleh Pandji sangat inspiring buat saya. Seperti yang dikatakannya di film Hope karya Andi Bachtiar Yusuf, bahwa kita sebagai anak muda harus menciptakan perubahan yang pengen kita lihat, jangan cuma menuntut perubahan. His words on that movie like slaping me right here on the face! Karena saya juga ngerasa menjadi bagian 'generasi protes' itu. Kalo semua anak muda di Indonesia berpikiran sama, untuk memilih mengusahakan perubahan yang mereka ingini daripada hanya teriak-teriak menuntutnya, saya yakin Indonesia mendatang pasti jauh lebih baik daripada Indonesia hari ini. Karena saya tau, anak-anak muda Indonesia punya potensi luar biasa di berbagai bidang. Bayangkan kalo potensi itu mereka pakai untuk menciptakan perubahan di bidangnya masing-masing, Indonesia bakal luar biasa maju nantinya. Ciptakan perubahan, sekecil apapun itu. Semangat 'Ciptakan Perubahan' oleh Pandji ini pertama kali saya liat lewat gerakan Indonesia Unite sebagai bentuk perlawanan terhadap terorisme di Indonesia. 'Hanya' lewat posting-posting di Twitter, Indonesia Unite berhasil menyita perhatian dunia dan menciptakan sebuah perubahan. So guys, if you have much time to complaining, why don't you just doin to fix that thing you complaining on?

3.Pandji adalah salah satu orang yang berpikiran out of the box. Idenya sering melawan arus. Dan lewat ide-idenya dia menang, atau paling gak bertahan melawan arus itu. Contohnya aja dengan menggratiskan bukunya lewat bentuk e-book atau menggratiskan lagu-lagunya di internet.

4.We connected with same interests. Ada beberapa hal yang menjadi kesamaan antara saya dan Pandji yang bikin saya punya perasaan 'senasib' dengan Pandji. Pertama, kita sama-sama suka nulis, dengan level yang jauh beda tentunya. Dan tulisan-tulisan Pandji di blognya http://www.pandji.com/ banyak menginspirasi saya, baik dari cara menulis dan ide tulisannya. Pandji adalah penulis favorit saya selain Budiman Hakim dan Yoris Sebastian. Kedua, we're on the same scene, hiphop scene. Cuma bedanya Pandji is a rapper and im a bboy. He rappin on the mic and i hittin the dancefloor. Dan pertama kali saya kenal Pandji adalah lewat karyanya di hiphop, sebuah lagu berjudul 'Untuk Indonesia'. Ketiga, both of us love Manchester United. Glory glory Man.United. Nuff said.

Saya pun akhirnya berkesempatan ketemu dan ngobrol-ngobrol sama inspirator saya ini di acara ngobrol santai dan bedah buku karyanya NASIONAL.IS.ME di toko buku Togamas Jogjakarta. Setelah ketemu, saya makin terkesan dengan Pandji. Pandji bisa menghilangkan 'jarak' ketika ngobrol dengan siapapun, bahkan dengan orang yang baru pertama kali dia temuin, kayak saya ini. Ngobrol sama Pandji berasa ngobrol dengan temen yang udah lama saling kenal. Setelah ketemu sama orangnya langsung, saya nemuin satu hal luar biasa lagi dari seorang Pandji: Pandji bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan 'jarak' saat berinteraksi dengan orang lain, lewat bahasa verbal dan non verbal, dan itu saya yakin tulus. Dengan bisa mengilangkan 'jarak' itulah Pandji akhirnya bisa mempengaruhi dan menginspirasi orang-orang disekitarnya, gak cuma lewat karyanya, tapi juga lewat pribadinya.

Dan sebaris tulisan tangan 'Terima Kasih Untuk Perjuangannya' itu pun jadi inspirasi lain untuk saya






No comments:

Post a Comment